Download Template
Arsip
-
Vol. 1, No 2, Juli - Desember 2023
Vol 1 No 2 (2023)Membentuk Karakter Disiplin Dan Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Shalat Di Smpit Insan Mandiri Greenville Setu Bekasi, Jawa Barat. Filsafat dan Cakupannya Dalam Pendidikan Islam. Dasar-Dasar Resolusi Konflik Dalam Al-Qur`An (kompleksitas penyebab konflik). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Multimedia Pembelajaran Siswa di SD Nirwana Tanah Abang. Analisis Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Pembelajaran Pai Di Sd Al Wathoniyah 9 Penggilingan Jakarta.
-
Juli-Desember 2024
Vol 2 No 2 (2024)Kumpulan jurnal ini menyajikan potret mendalam tentang peran krusial guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa, khususnya di wilayah Jakarta Barat. Para peneliti menyoroti berbagai strategi yang dapat diterapkan, mulai dari pemanfaatan teknologi modern seperti Canva hingga pendekatan tradisional seperti keteladanan guru. Fokus utama penelitian ini adalah pada upaya mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam kehidupan sehari-hari siswa, dengan harapan dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia. Temuan-temuan dalam jurnal ini tidak hanya relevan bagi guru PAI, tetapi juga bagi para pembuat kebijakan pendidikan dan seluruh pihak yang peduli terhadap pengembangan karakter generasi muda.
-
Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Vol 1 No 1 (2023)Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir mengundang para dosen, peneliti, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS).Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir terbit 2 kali dalam setahun.
-
Januari -Juni 2024
Vol 2 No 1 (2024)Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Jakarta menerbitkan serangkaian artikel yang membahas berbagai aspek pendidikan Islam dan pengajaran Al-Qur'an. Artikel pertama mengkaji strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Artikel kedua meneliti pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits terhadap minat belajar siswa di tingkat Madrasah Aliyah.
Selanjutnya, artikel ketiga menganalisis metode pendidikan Nabi Muhammad SAW dalam menyikapi kesalahan orang lain, berdasarkan perspektif dalam kitab Al-Asalib An-Nabawiyyah fi Al-Ta'amul Ma'a Akhtha'an-Nas. Artikel keempat membahas metodologi pemahaman nash Al-Qur'an dan teks hadis yang bersifat umum dan khusus dalam konteks pembelajaran Ushul Fiqh.
Artikel terakhir meneliti peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Keseluruhan artikel ini memberikan wawasan komprehensif tentang berbagai metode dan pendekatan dalam pendidikan Islam, mulai dari teknik pengajaran Al-Qur'an hingga pembentukan karakter siswa.