Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk <p>Jurnal<strong> Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>adalah jurnal pendidikan Islam berskala nasional dan Internasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta sejak 2023 (versi online). </p> <ul> <li><strong><a>e-ISSN: 3026-4332</a></strong></li> </ul> <p><strong>Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>mengundang para dosen, peneliti, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS). Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir terbit 2 kali dalam setahun. </p> <h3>Focus and Scope</h3> <p><span id="result_box" lang="en"><span class="hps"><strong>Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>fokus kepada Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam </span></span></p> id-ID ari_hariyadi@yahoo.com (Hariyadi) ridmadiana7@gmail.com (Ridma Diana) Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN AKHLAK MULIA MELALUI PEMBELAJARAN SHALAT DI SMPIT INSAN MANDIRI GREENVILLE SETU BEKASI, JAWA BARAT https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/23 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembentukkan Karakter Disiplin dan Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Shalat di SMPIT Insan Mandiri Greenville, Setu Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 sampai April 2023. Metode yang digunakan yaitu fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa membentuk karakter disiplin dan akhlak mulia melalui pembelajaran shalat di SMPIT Insan Mandiri Greenville sesuai terlaksana dengan proses pembelajaran praktik ibadah yang diterapkan oleh guru pengampu mata pelajaran praktik ibadah melalui sumber media pembelajaran buku sifat shalat nabi, dan evaluasi <em>mutaba’ah yaumiyah</em>. Pembelajaran shalat merupakan salah satu program unggulan di SMPIT Insan Mandiri Greenville untuk meningkatkan nilai karakter disiplin yang tercantum dalam lima karakter Sekolah Insan Mandiri diantaranya: Jujur, Peduli, Bersih, Disiplin, dan Mandiri. Membentuk karakter disiplin melalui pembelajaran shalat merupakan salah satu pembiasaan agar murid dapat terbiasa melakukan aktivitas secara disiplin dan tepat waktu. Oleh karena itu, para guru di SMPIT Insan Mandiri Greenville sangat antusias dalam hal kedisiplinan khususnya di dalam shalat fardhu, dan sunnah.&nbsp;</p> Asyraf Zuam Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/23 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 FILSAFAT DAN CAKUPANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/24 <p>Perkembangan pendidikan akan terus mengalami pembaharuan dengan disiplin ilmu yang ada. Kajian ini memuat pandangan dan ruang lingkup yang ada dalam pendidikan Islam melalui perspektif filsafat. Pengantar materi di dalam penulisan ini berisikan tentang tinjauan ontologi, espistemologi dan aksiologi untuk kemudian dapat memahami pendidikan Islam secara utuh. Bukan hanya pembahasan definitif dan teoritis, tetapi dihadirkan konsep integrasi antara filsafat dan pendidikan Islam untuk membuktikan bahwa ada relevansi antara filsafat dan pendidikan terbarukan dengan tidak melupakan nilai-nilai Islam. Dapat lihat dari ruang lingkup dan cakupan yang ada dalam pendidikan Islam; tujuan, pelaku, kurikulum, metode, evaluasi, dan lingkungan pendidikan yang tumbuh secara langsung dalam filsafat pendidikan Islam.&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Filsafat, Pendidikan Islam, Integrasi, Ruang Lingkup<strong>&nbsp;</strong></p> Mustaqim Hajati Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/24 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 DASAR-DASAR RESOLUSI KONFLIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/25 <p>Berpijak pada kondisi dan realita dinamika kehidupan sosial masyarakat, agama dijadikan alasan pembenaran, maka agama yang sudah pasti mengajarkan kedamaian dan ketenteraman, akan terasa tidak relevan lagi untuk dijadikan pedoman. Terjadinya ketidakharmonisan dalam masyarakat yang memeluk agama, disebabkan ajaran agama tidak diamalkan sebagaimana mestinya. Agama dipinggirkan. Di samping itu, tidak dapat diingkari bahwa ada di antara umat beragama, pemahamannya terhadap agama yang dipeluknya masih sebatas pemahaman parsial dan pengakuan yang sangat emosional. Masyarakat dunia dewasa ini, sedang bergelut dengan sejumlah problematika yang ditimbulkan dari pemikiran modernisasi, yaitu semakin menipisnya dan dangkalnya penghayatan dan pengamalan ajaran agama. Hal ini, memunculkan problema baru, yakni lahirnya berbagai krisis, di antaranya kemerosotan nilia-nilai moral, berkembangnya gaya hidup korup, menipisnya kekuatan hukum, tidak tegaknya kejujuran dan keadilan serta terkoyaknya perdamaian, kesatuan, dan integrasi sosial.</p> Abdullah Safei Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/25 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SD NIRWANA TANAH ABANG https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/29 <p>Hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SD Nirwana&nbsp; belum optimal. Pembelajaran yang monoton dan kurangnya pengetahuan guru terhadap penggunaan multimedia pembelajaran membuat guru tidak bisa menggunakan multimedia yang tersedia di sekolah untuk mengembangkan lingkungan belajar yang lebih baik. Adanya permasalahan tersebut peneliti mengguanakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebagai bentuk refleksi diri berkaitan dengan proses dan dampak penerapan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V A di SD Nirwana Tanah Abang. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian ini diketahui bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI kelas V A di SD Nirwana Tanah Abang. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari prasiklus yang persentase ketuntasannya 35% menjadi 55% pada siklus 1, hingga menjadi&nbsp; 85 % pada siklus II dari jumlah siswa yaitu 20 anak.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Multimedia Pembelajaran.</p> fatimah rahmah Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/29 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD AL WATHONIYAH 09 PENGGILINGAN JAKARTA https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/28 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analitis. Penelitian ini termasuk juga <em>field reseach</em> yang &nbsp;sumber datanya diperoleh langsung dari lapangan. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat analitis, yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dengan tepat sifat-sifat suatu keadaan,&nbsp; &nbsp;individu, gejala atau kelompok &nbsp;tertentu &nbsp;atau bisa juga untuk menentukan frekuensi &nbsp;atau &nbsp;penyebaran &nbsp;sebuah gejala dan gejala lain. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif mencakup pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 sudah mengimplementasikan pembelajaran saintifik dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang memang sudah ditentukan dalam pendekatan saintifik, hanya saja terkadang guru tidak sistematis atau berurutan pada pelaksanaannya</p> m sony Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/28 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000