Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk <p>Jurnal<strong> Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>adalah jurnal pendidikan Islam berskala nasional dan Internasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta sejak 2023 (versi online). </p> <ul> <li><strong><a>e-ISSN: 3026-4332</a></strong></li> </ul> <p><strong>Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>mengundang para dosen, peneliti, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS). Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir terbit 2 kali dalam setahun. </p> <h3>Focus and Scope</h3> <p><span id="result_box" lang="en"><span class="hps"><strong>Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir </strong>fokus kepada Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam </span></span></p> id-ID ari_hariyadi@yahoo.com (Hariyadi) ridmadiana7@gmail.com (Ridma Diana) Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X BIM ISLAMIC SCHOOL https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/110 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas X BIM ISLAMIC SCHOOL Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (<em>field research</em>) dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik sebagai sumber data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik bervariasi, ada yang kesulitan dalam pengucapan huruf sesuai makhraj, adapula yang mengalami kesulitan membaca ketika menyambungkan huruf dengan huruf hijaiyah yang lain. Serta sulit membaca Al-Qur’an sesuai tajwid.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Kesulitan Belajar, Membaca Al-Qur’an, Pelajaran Pendidikan Agama Islam</p> Wisnu Budi Prasetyo, Muhammad Farhan, Fatihani Rahayu Aulia Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/110 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 IMPELEMENTASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-CHASANAH JAKARTA https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/111 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi teknologi digital dalam pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital, dengan fokus pada inovasi pedagogis dan tantangan sistemik di SMA Al-Chasanah. Studi menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital melampaui sekadar penggunaan peralatan teknologis, melainkan menciptakan medium transformasi pedagogis yang kompleks dan multidimensional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (<em>qualitative case study</em>), yang bertujuan mengeksplorasi secara mendalam fenomena penggunaan teknologi digital dalam pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Al-Chasanah. Penelitian menyimpulkan bahwa teknologi digital dalam pendidikan agama Islam memerlukan pendekatan holistik, adaptif, dan berkelanjutan, yang menempatkan teknologi sebagai medium transformasi pedagogis yang dinamis dan bermakna.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Implementasi, Teknologi Digital, Pengembangan Metode, Pendidikan Agama Islam</p> Desy Ayu Ningrum, Husnul Chotimah, Nala Sopha Karim Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/111 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 TANAH ABANG https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/115 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di kelas 7 SMP Muhammadiyah 6 Tanah Abang. Motivasi belajar menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran Fiqih yang membutuhkan pemahaman konseptual dan implementasi praktis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada 15 siswa kelas 7. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berperan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ditandai dengan: (1) peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, (2) kemampuan siswa mengaitkan materi Fiqih dengan kehidupan sehari-hari, dan (3) peningkatan kemandirian belajar. Strategi pembelajaran kooperatif yang terintegrasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan memberikan dampak positif terhadap motivasi intrinsik siswa dalam mempelajari Fiqih. Implikasinya, guru Fiqih perlu memperkaya variasi model pembelajaran kooperatif yang disesuaikan dengan karakteristik materi dan siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Starategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih</p> Gusmira Wita, Zahary Effendy Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/115 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH DI SMA AL CHASANAH JAKARTA BARAT https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/117 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab di SMA Al Chasanah Jakarta Barat. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap Bahasa Arab, yang disebabkan oleh anggapan bahwa Bahasa Arab sulit, tidak praktis, serta minimnya pendekatan pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan penting sebagai motivator dan fasilitator. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai agama dan semangat cinta Bahasa Arab melalui pendekatan spiritual dan kontekstual. Strategi yang diterapkan meliputi pengintegrasian pelajaran Bahasa Arab dalam kegiatan keagamaan, penggunaan media menarik, serta pemberian contoh dan keteladanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung dan religius, sehingga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Bahasa Arab</p> Muhtadin, sholahudin Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/117 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP TINGKAT KETERTIBAN SISWA: STUDI EMPIRIS PADA SMP MUHAMMADIYAH https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/116 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai Islam dengan tingkat ketertiban siswa di SMP Muhammadiyah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk perilaku tertib siswa, khususnya melalui pendekatan nilai-nilai Islam yang merupakan identitas dasar lembaga pendidikan Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII, dengan sampel sebanyak 133 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan skala <em>Likert</em>. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan kontribusi positif nilai-nilai Islam dengan tingkat ketertiban siswa. Uji korelasi menunjukkan adanya pengaruh dan signifikan antara kedua variabel dengan nilai r = 0,612 dan p-value = 0,000 (p &lt; 0,05). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam berkontribusi sebesar 37,5% terhadap ketertiban siswa, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pengaruh, Nilai-Nilai Islam, Ketertiban Siswa</p> Nurjanah, Sularno, Dadang Jenal Mutaqin Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/116 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/114 <p>Kompetensi kepala sekolah dipertaruhkan dalam era ini, mencakup holistik pada berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara konkret, sebagai akibatnya dibutuhkan filter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah 6 Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa, observasi pembelajaran, serta analisis dokumen sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan transformasional dengan fokus pada tiga aspek utama: (1) pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam melalui program pelatihan dan supervisi akademik, (2) pengintegrasian nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam seluruh aktivitas sekolah, dan (3) inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi digital. Hasilnya terlihat pada peningkatan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan penguatan karakter religius siswa. Kendala yang dihadapi meliputi disparitas pemahaman keagamaan siswa dan keterbatasan sarana pendukung pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam sangat bergantung pada konsistensi implementasi program, dukungan seluruh stakeholder, dan pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif. Rekomendasi penelitian mencakup penguatan kolaborasi dengan orang tua siswa dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya sekolah.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Agama Islam</p> M Hafiz, Didi Suherdi Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/114 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN DI PENDIDIKAN DASAR MELALUI PERAN ORGANISASI SISWA: INTEGRASI NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/119 <p>Pembentukan karakter kepemimpinan sejak usia dini menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan global pada masa saat ini. Organisasi siswa di tingkat sekolah dasar berpotensi menjadi wadah strategis pengembangan karakter kepemimpinan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran organisasi siswa dalam pengembangan karakter kepemimpinan di pendidikan dasar melalui implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan di MI Nurul Islam di Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 80 siswa, 9 guru pembina, dan 1 kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi. Organisasi siswa terbukti efektif mengembangkan enam dimensi karakter kepemimpinan: integritas, tanggung jawab, komunikasi efektif, empati, kreativitas, dan kerjasama. Integrasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan melalui program akhlak mulia, kepedulian sosial, dan semangat tajdid memperkuat pembentukan karakter kepemimpinan. Model pengembangan karakter kepemimpinan melalui organisasi siswa dengan pendekatan nilai-nilai Kemuhammadiyahan terbukti mampu membentuk calon pemimpin yang berintegritas dan berakhlak mulia sejak usia dini.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pengembangan Karakter, Kepemimpinan, Organisasi Siswa, Pendidikan Dasar, Nilai Kemuhammadiyahan</p> Izza Umami, Dien Nurmarina Malik Fajar Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/119 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000