PENGEMBANGAN ALAT DAN TEKNIK EVALUASI TES DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Slamet Susanto

Keywords:

TekTeknik, Evaluasi, Hasil Belajar

Abstract

Pada artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui teknik evaluasi dalam dunia
pendidikan. Penulisan ini merupakan jenis penulisan deskriptif analitik
(descriptive research). Penulisan ini juga termasuk penulisan eksploratif sebagai
upaya untuk menemukan secara faktual, akurat dan sistematis terhadap fakta dan
data.Teknik evaluasi merupakan metode yang digunakan agar suatu tujuan
evaluasi, yaitu menggali informasi tentang peserta didik dapat tercapai. Untuk
melakukan evaluasi maka evaluator harus menguasai teknik evaluasi. Dengan
penilaian guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat
khusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik.
Untuk keperluan evaluasi diperlukan teknik evaluasi yang bermacam-macam,
seperti kuesioner, tes, skala, format observasi, dan lain-lain. Dari sekian banyak
teknik evaluasi, secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni teknik tes
dan non-tes. Khusus untuk evaluasi hasil pembelajaran teknik evaluasi yang
paling banyak digunakan adalah tes.

Published

2023-06-30

How to Cite

Susanto, S. (2023). PENGEMBANGAN ALAT DAN TEKNIK EVALUASI TES DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1). Retrieved from https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/22