PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMPN 101 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v2i1.41Abstrak
Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius di SMPN 101 Jakarta sudah sangat baik. Guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi dan metode keteladanan dan pembiasaan terhadap siswanya. Dengan memberikan keteladanan yang baik dari sikap maupun perbuatan serta membuat program-program keagaaman, diharap dapat membentuk karakter religius siswa. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta diantaranya adalah: memiliki pondasi keagamaan yang kuat, membaca Al-Qur’an dengan baik, moral yang bagus, tangung jawab dan dapat mengarahkan siswa kepada kebaikan dengan pendekatan yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam pembentukan karakter diantaranya adalah : Metode Keteladanan, Pembiasaan, Targhib dan Tarhib, dan Dialog dan Tanya Jawab. Keberhasilan pembentukan karakter di SMPN 101 Jakarta bisa dikatakan sudah baik. Kendati demikian, masih belum bisa dikatakan sempurna. faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 101 Jakarta dipengaruhi oleh : standar isi kurikulum yang digunakan, kepemimpinan kepala sekolah, peran guru pai, komitmen seluruh warga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : Pengaruh media yang negatif, pengaruh teman sebaya, lingkungan yang kurang mendukung, dan kurangnya motivasi atau kesadaran diri sendiri.
Kata kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukkan Karakter Siswa.