STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI EMIRATTES AL-MUSONNIF ISLAMIC SCHOOL

Penulis

  • khoirul muhdor IAI Jamiat Kheir

DOI:

https://doi.org/10.62026/j.v2i1.34

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran siswa dalam baca tulis Al-Qur’an dan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Emirattes Al-Musonnif Islamic School . Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa strategi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Qur’an pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Emirattes Al-Musonnif Islamic School ada dua macam, yaitu strategi intrinsik dan strategi ekstrinsik. Setiap siswa tidak hanya memiliki satu cara saja, akan tetapi satu siswa paling minimal memiliki dua, baik itu sstrategi yang bersifat intrinsik maupun strategi yang bersifat ekstrinsik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan pengalaman kepada pendidik dan siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. 

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

muhdor, khoirul. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI EMIRATTES AL-MUSONNIF ISLAMIC SCHOOL. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2(1), 161–178. https://doi.org/10.62026/j.v2i1.34