PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MA AL ISLAMIYAH KEBAYORAN LAMA
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v2i1.32Abstrak
Penelitian ini berjudul, pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas di MA Al-Islamiyah kebayoran lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar peserta didik kelas XII di MA Al-Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Dari paparan hitungan interprestasi dengan uji signifikansi (thitung). Telah diketahui bahwa df = 36 maka taraf signifikasi terhadap ttabel yaitu 5% 1,688. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan taraf signifikasi 5% adalah 3,081 > 1,688. Dengan demikian untuk taraf signifikasi 5%, hipotesi alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk taraf signifikasi 5%. pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah signifikan atau Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa korelasi antara X dengan Y signifikan.
Kata Kunci: Pengaruh, Metode Hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Minat Belajar