PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN DI PENDIDIKAN DASAR MELALUI PERAN ORGANISASI SISWA: INTEGRASI NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v3i1.119Abstrak
Pembentukan karakter kepemimpinan sejak usia dini menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan global pada masa saat ini. Organisasi siswa di tingkat sekolah dasar berpotensi menjadi wadah strategis pengembangan karakter kepemimpinan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran organisasi siswa dalam pengembangan karakter kepemimpinan di pendidikan dasar melalui implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan di MI Nurul Islam di Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 80 siswa, 9 guru pembina, dan 1 kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi. Organisasi siswa terbukti efektif mengembangkan enam dimensi karakter kepemimpinan: integritas, tanggung jawab, komunikasi efektif, empati, kreativitas, dan kerjasama. Integrasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan melalui program akhlak mulia, kepedulian sosial, dan semangat tajdid memperkuat pembentukan karakter kepemimpinan. Model pengembangan karakter kepemimpinan melalui organisasi siswa dengan pendekatan nilai-nilai Kemuhammadiyahan terbukti mampu membentuk calon pemimpin yang berintegritas dan berakhlak mulia sejak usia dini.
Kata Kunci: Pengembangan Karakter, Kepemimpinan, Organisasi Siswa, Pendidikan Dasar, Nilai Kemuhammadiyahan