PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH DI SMA AL CHASANAH JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v3i1.117Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab di SMA Al Chasanah Jakarta Barat. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap Bahasa Arab, yang disebabkan oleh anggapan bahwa Bahasa Arab sulit, tidak praktis, serta minimnya pendekatan pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan penting sebagai motivator dan fasilitator. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai agama dan semangat cinta Bahasa Arab melalui pendekatan spiritual dan kontekstual. Strategi yang diterapkan meliputi pengintegrasian pelajaran Bahasa Arab dalam kegiatan keagamaan, penggunaan media menarik, serta pemberian contoh dan keteladanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung dan religius, sehingga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.
Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Bahasa Arab