PENGARUH NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP TINGKAT KETERTIBAN SISWA: STUDI EMPIRIS PADA SMP MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v3i1.116Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai Islam dengan tingkat ketertiban siswa di SMP Muhammadiyah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk perilaku tertib siswa, khususnya melalui pendekatan nilai-nilai Islam yang merupakan identitas dasar lembaga pendidikan Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII, dengan sampel sebanyak 133 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan kontribusi positif nilai-nilai Islam dengan tingkat ketertiban siswa. Uji korelasi menunjukkan adanya pengaruh dan signifikan antara kedua variabel dengan nilai r = 0,612 dan p-value = 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam berkontribusi sebesar 37,5% terhadap ketertiban siswa, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Pengaruh, Nilai-Nilai Islam, Ketertiban Siswa