STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 TANAH ABANG
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v3i1.115Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di kelas 7 SMP Muhammadiyah 6 Tanah Abang. Motivasi belajar menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran Fiqih yang membutuhkan pemahaman konseptual dan implementasi praktis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada 15 siswa kelas 7. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berperan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ditandai dengan: (1) peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, (2) kemampuan siswa mengaitkan materi Fiqih dengan kehidupan sehari-hari, dan (3) peningkatan kemandirian belajar. Strategi pembelajaran kooperatif yang terintegrasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan memberikan dampak positif terhadap motivasi intrinsik siswa dalam mempelajari Fiqih. Implikasinya, guru Fiqih perlu memperkaya variasi model pembelajaran kooperatif yang disesuaikan dengan karakteristik materi dan siswa.
Kata Kunci: Starategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih