IMPELEMENTASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-CHASANAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.62026/j.v3i1.111Kata Kunci:
Teknologi digital, pendidikan agama Islam, metode pembelajaran, siswa SMA, inovasi pendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi teknologi digital dalam pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital, dengan fokus pada inovasi pedagogis dan tantangan sistemik di SMA Al-Chasanah. Studi menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital melampaui sekadar penggunaan peralatan teknologis, melainkan menciptakan medium transformasi pedagogis yang kompleks dan multidimensional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (qualitative case study), yang bertujuan mengeksplorasi secara mendalam fenomena penggunaan teknologi digital dalam pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Al-Chasanah. Penelitian menyimpulkan bahwa teknologi digital dalam pendidikan agama Islam memerlukan pendekatan holistik, adaptif, dan berkelanjutan, yang menempatkan teknologi sebagai medium transformasi pedagogis yang dinamis dan bermakna.
Kata Kunci: Implementasi, Teknologi Digital, Pengembangan Metode, Pendidikan Agama Islam